Pengertian Waktu Sholat

Pengertian Waktu Sholat ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya meskipun merupakan umat Islam. Umumnya hanya mengetahui jadwal dari sholat saja tanpa mencari tahu apa pengertian atau pun penjelasannya. Akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja yang berkaitan dengan waktu dari sholat baik wajib maupun sunat.

Mengenal Dua Jenis Sholat

Dalam agama Islam terdapat dua jenis sholat, yaitu wajib dan sunat dimana keduanya dicontohkan oleh Rasulullah. Sholat wajib merupakan kewajiban yang harus Anda lakukan setiap hari selama lima kali. Lebih dikenal dengan sebutan sholat lima waktu dalam masyarakat Indonesia.

Sedangkan sholat sunat adalah sholat yang dianjurkan tapi tidak diwajibkan untuk dilakukan. Terdapat banyak jenis dari sholat sunat ketimbang yang wajib atau fardhu yang hanya ada lima. Ada kebaikan dari setiap sholat yang Anda lakukan baik bagi tubuh juga pikiran.

Shalat wajib atau fardhu akan lebih baik dan besar amalannya jika dilakukan secara berjamaah  dari pada sendirian. Sholat fardhu dikerjakan sebanyak lima kali dalam lima waktu yang berbeda. Pada saat subuh,  dhuhur siang hari, Ashar sore hari,  Magrib juga Isya pada malam hari merupakan waktu dari sholat fardhu.

Melaksanakan sholat wajib atau fardhu tak bisa sembarangan karena ada aturan yang harus diperhatikan. Sebuah aturan atau ketentuan sesuai syariat Islam yang tercantum pula dalam al quran. Semua hal yang berkaitan dengan ibadah wajib dalam Islam memiliki hukum yang jelas.

Telah dicontohkan dan dilakukan sejak jaman Rasulullah hingga sekarang dengan berdasarkan pada al quran. Semakin lama pengetahuan tentang ajaran juga ibadah dalam agama Islam semakin bertambah. Semakin sempurna dalam gerakan juga bacaan berkat banyaknya pengetahuan yang dibagikan.

Waktu Sholat Yang Benar Menurut Syariat Islam

Waktu sholat

Sholat wajib atau fardhu adalah ibadah wajib umat Islam yang dilakukan setiap hari,  kecuali pada kondisi tertentu. Karena Islam merupakan agama yang penuh cinta kasih tanpa ada paksaan. Begitu pula saat datang waktu untuk melakukan sholat lima waktu,  ada kalanya Anda tak harus atau terdapat pengecualian.

Pada saat datang waktu untuk melaksanakan sholat,  tapi ternyata ada yang tak bisa menjalankan. Hal tersebut bisa di karenakan karena beberapa hal,  diantaranya :

  1. Bagi perempuan yang sedang mendapat haid. Hal tersebut biasa terjadi setiap bulan dan diperbolehkan bahkan dilarang melakukan ibadah sholat. Karena syarat utama sholat adalah dalam keadaan suci dan bersih.
  2. Anak-anak yang berusia muda atau belum baligh, karena memang belum memiliki kewajiban untuk melakukannya. Namun tak salah jika mengajak ajak sholat dengan tujuan untuk mengajarinya.
  3. Perempuan yang sedang nifas tidak memiliki keharusan atau kewajiban melakukan sholat fardhu. Karena sedang mengeluarkan darah dalam kondisi tertentu dan hal tersebut telah diatur.
  4. Termasuk dalam waktu sholat tidak sah untuk melakukan sholat lima waktu. Karena saat Anda hendak melaksanakan sholat fardhu tak bsa sembarang. Tidak dapat dilakukan sebelum masuk permulaan waktu serta terdapat batasnya juga.

Shalat fardhu harus dilaksanakan sebelum batas waktu atas akhir waktunya habis. Semua itu juga tercantum dalam al quran yaitu pada surah An Nisa ayat 103. Agar setiap umat Islam melaksanakan shalat fardhu sesuai dengan syariat.

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Artinya : Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Shalat fardhu merupakan ibadah yang pertama akan dihitung pada Yaumul Hisab. Menjadi tiang agama juga ibadah yang paling utama,  maka harus dilaksanakan tepat waktu. Sebagai umat Islam menjaga ibadah sholat sangatlah penting karena menjadi penjaga dari perilaku juga.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan waktu sholat terutama pada yang wajib atau fardhu. Penting untuk diketahui oleh semua umat Islam agar dapat melaksanakan ibadah utama dan terpenting.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami NiagaSyariah.com tentang pengertian waktu sholat, semoga bermanfaat. Baca juga informasi dari sebelumnya tentang mengenal apa itu sholat taubat dan tata cara mengerjakannya.

Tinggalkan komentar